Jumat, 08 April 2011

Jumat, 08 April 2011
 Palang Merah Indonesia (PMI) NAD dengan dukungan Palang Merah Jepang menggelar pertemuan Forum Remaja Palang Merah Indonesia (FORPIS) se-Aceh di Gedung Sultan II Selim Aceh Community Center dari 27-31 Juli 2009. Pertemuan FORPIS se Aceh ini dibuka oleh Wakil Ketua PMI NAD Bidang Palang Merah Remaja (PMR) dan Manajemen Relawan, Dr. Khairil serta dihadiri oleh Kepala Sub-Divisi PMR, Divisi PMR dan Relawan PMI Pusat, Rina Utami.
Secara umum, pertemuan FORPIS PMI Aceh ini bertujuan untuk memberdayakan peran anggota PMR dalam meningkatkan kualitas pembinaan dan pengembangan PMR PMI yang berkelanjutan di Aceh. Selain itu, pertemuan FORPIS PMI Aceh ini secara khusus bertujuan untuk meningkatkan peran anggota PMR dalam pengembangan PMR PMI Aceh serta mengorganisasikan jejaring PMR PMI Aceh dalam wadah FORPIS.
Pertemuan FORPIS ini juga bertujuan untuk menguatkan media komunikasi PMR yang telah ada sehingga diharapkan dapat mendukung rencana strategis PMI Daerah Aceh dalam upaya mengembangkan PMR PMI Aceh, serta bertujuan memberikan gambaran atau contoh implementasi Tri Bakti PMR, (yaitu: mengabdi pada masyarakat, mempertinggi mutu kebersihan, kesehatan dan keterampilan, mempererat tali persatuan Nasional dan Internasional) kepada peserta.
Selama pertemuan FORPIS ini, para peserta yang terdiri dari 15 anggota PMR Wira yang merupakan perwakilan PMR dari PMI Cabang Aceh Jaya, PMI Cabang Aceh Barat Daya, PMI Cabang Aceh Tengah, PMI Cabang Aceh Utara, PMI Cabang Bireuen, PMI Cabang Langsa, PMI Cabang Pidie dan PMI Cabang Sabang, melakukan diskusi dan berbagi pengalaman tentang kegiatan PMR di regional masing-masing. Selain itu, para peserta juga mendapatkan pelatihan singkat tentang kepemimpinan, media komunikasi, dan pembuatan media komunikasi PMR PMI Aceh. Di akhir pertemuan para peserta pertemuan FORPIS ini memilih koordinator daerah (Korda) periode 2009-2010.
Sebagai Korda FORPIS PMI Aceh periode 2009-2010 telah terpilih Siti Watiningsih dari PMR PMI Cabang Bireun menggantikan Korda FORPIS PMI Aceh sebelumnya, Indah Maulidiah, dari PMR PMI Cabang Langsa. Korda FORPIS PMI Aceh terpilih ini akan mengikuti pertemuan FORPIS nasional di Jakarta 7-12 Agustus 2009 yang akan diikuti oleh 33 Korda FORPIS PMI daerah seluruh Indonesia.
“PMI Cabang Bireun di mana Korda FORPIS PMI Aceh bernaung akan menjadi model dan salah satu prioritas pembinaan PMI Daerah Aceh, mengingat semua perhatian akan terarah pada PMI Cabang di mana Korda bernaung”, ujar Rina. “Selain itu, PMI Cabang juga harus memberikan akses kepada Korda yang terpilih untuk mengembangkan PMR di Cabang”, lanjut Rina.
Selain itu, Kepala Sub Divisi PMR PMI Pusat, Rina Utami merasa kagum dengan penampilan anggota PMR ini. “Usia mereka masih muda tapi mereka sudah dapat membuat perencanaan dengan baik dari tingkat pusat sampai ke tingkat cabang”, ungkapnya.
Sebagai implementasi Tri Bakti PMR, para peserta FORPIS PMI Aceh ini mengadakan kunjungan ke SLB Badan Usaha Kesejahteraan Para Cacat (BUKESRA) di Desa Lam Jueroeng Peujerah, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. Dalam kunjungan ke SLB ini para peserta berinteraksi dengan rekan-rekan mereka penyandang cacat. Mereka bermain, bercerita, bersenda gurau dan bernyanyi bersama. Di akhir kunjungan para peserta menyerahkan cindera mata berupa hasil prakraya anggota PMR seperti model rumah tradisional Aceh Timur dan pigura foto.
Setelah pertemuan FORPIS ini, anggota PMR PMI Aceh akan mengikuti kegiatan Jumbara atau Jumpa Bakti Gembira PMR yang akan dilaksanakan di Langsa dari 14-17 Agustus 2009.

0 komentar:

Posting Komentar